Cakram rasa baru!

SCAA_FlavorWheel.01.18.15

Dunia kopi baru-baru ini dihebohkan dengan sebuah pembaharuan.

Cakram rasa alias flavor wheel baru!

Ketika saya melihatnya pertama kali, cakram rasa tersebut tampak sangat menarik. Cakram rasa yang lama telah diciptakan cukup lama yang lalu. Cukup lama sehingga cakram tersebut bisa dibilang diciptakan sebelum sebagian barista-barista juara terlahir. Cakram tersebut telah digunakan (dan disalah gunakan) oleh “orang kopi”, telah disalah artikan, dipakai sebagai alat tebak-tebakan (penghuni area tropis menjelaskan kopinya berasa blueberry? Really?), dan berbagai macam lainnya.

Salah satu alasan cakram rasa tersebut diciptakan adalah sebagai sarana komunikasi mengenai rasa kopi, dan pengaruh apa yang menciptakan rasa tersebut. Dengan membacanya dari luar ke dalam, kita bisa tahu rasa yang sedang kita bincangkan tersebut dihasilkan karena apa atau dimana. Cakram lama diciptakan oleh orang-orang kopi jagoan, yang sudah bergelut dibidang ini selama beberapa tahun. Selain sebagai sebuah kosakata resmi kopi yang diharapkan bisa menjembatani produsen-konsumen, cakram tersebut juga dijadikan sebagai sebuah alat bantu perbaikan sistem produksi. Pengguna bisa menganalisa rasa yang didapatkannya kala kopi tersebut diseduh berasal dari mana, dan bila ada kesalahan, hal apa yang kira-kira bisa dilakukan.

Namun cakram rasa baru memiliki pola pandang yang berbeda

Cakram rasa yang baru dikembangkan oleh World Coffee Research, bekerja sama dengan Kansas State University dan Texas A&M. Selain melibatkan orang-orang kopi, pengembangan cakram baru ini melibatkan para ahli teknologi pangan. Ratusan panelis dilibatkan, dan teknologi canggih dilibatkan, dengan tujuan agar semua yang yang kita rasakan bisa terekam dengan jelas, bisa digambarkan, dan menjadi sebuah alat bantu baru yang lebih mumpuni. Hasil awal dari penelian tersebut adalah sebuah Lexicon rasa. Dalam lexicon tersebut dijelaskan deskripsi rasa, dan juga bagaimana komponen rasa tersebut bisa dihasilkan atau ditemukan, sehingga pengguna bisa mengkalibrasi dirinya. Bergesernya karakter “orang kopi” dari orang-orang tua serius menjadi hipster, semakin banyaknya foodie yang tertarik dan bekerja dibidang kopi, membuat karakter rasa yang dimasukkan semakin kaya dibandingkan cakram yang lama.

Keren kan?

Namun ada beberapa masalah yang menurut saya muncul pada cakram baru.

  • Apa maksudnya rasa brown, under ripe, over ripe, overall sweet, isovaleric acid ?
  • Apa yang menyebabkan rasa-rasa tersebut muncul, dari mana, kenapa?
  • Cakram rasa ini masih sangat mengacu ke pola makan  mereka yang tinggal di Amerika utara. Walau dalam lexicon  kita bisa menemukan bahan yang dipakai untuk menggambarkan rasa tersebut, tapi walau kita tinggal di jakarta dan duitnya ada, sebagian bahan masih sangat susah atau repot untuk didapatkan.

Lexicon menjelaskan hal tersebut dengan cukup baik, namun, berapa banyak kah dari kita yang akan melihat grafik cakram rasa tersebut sambil kemudian membaca lexicon nya? Atau berapa banyak yang sadar bahwa ada yang namanya lexicon yang merupakan panduan penggunaan cakram rasa yang baru tersebut

Cakram rasa yang baru ini memang sebuah pencerahan atas sebuah cakram rasa yang sudah beruur 21 tahun, namun, tampaknya tetap harus ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan. Banyak kebutuhan yang belum terangkum, atau malah dihilangkan

BTW, yang mau baca, ini lexicon-nya ya: WCR_Sensory_Lexicon_Edition_1_2016

Advertisements

One thought on “Cakram rasa baru!

  1. Terima kasih uraiannya,
    Aku udah liat cakram rasa dan kamus itu sejak awal muncul, tapi ya belum kubaca betul. Malah keasyikan baca uraian orang2 lain thd cakram baru itu.
    Sepertinya rasa dari Amerika Utara masih dominan yah.
    Masih terasa ganjil aja, betapa kopi yang tumbuh di khatulistiwa, diasosiasikan rasanya dgn tanaman yg tumbuh di atas tropic of cancer
    Mereka gak bisa tanam pisang sih ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s