kopi perubah jalan hidup

pernah menemui sesuatu yg berbeda, terkaget-kaget di awal, jatuh cinta dan kemudian agak “menderita” sesudahnya?

26 April 2005 kejadian tersebut menimpa diri saya. Lokasi: Kantor kebun Toarco Jaya di Padamaran-Rantepao Tana Toraja.

Saya melepaskan diri dari rombongan keluarga yang berwisata di Tana Toraja, dan menyasarkan diri masuk ke kebun orang. Kala itu pengalaman kopi saya hanya berkutat disisi cafe/penikmat. Kebun yang saya kunjungi ini adalah kebun kopi pertama saya yang saya kunjungi.

Pak Jabir Amin menerima saya dengan senyum dan mata yang menyala ceria. Dengan berbaik hati saya diajak berkeliling kebun, melihat fasilitas pengolahan, dan diakhiri dengan cupping. Sebelum keliling, secangkir kopi disajikan.  Secangkir kopi Indonesia yang saya belum pernah minum sebelumnya. Karakter yang tidak pernah saya bayangkan ada di cangkir itu, dan rasa itu terus membekas hingga kini.

Obrolan sini sana selama perjalanan, dan cupping, membuat saya lebih tertarik untuk mempelajari kopi dan segala kecantikannya, sesaat sebelum pulang Pak Jabis menyerahkan kepada saya selembar kertas fax yang sudah agak memudar. Undangan untuk ikut pelatihan uji citarasa di Jember yang akan dilaksanakan beberapa bulan kemudian. Dengan tersenyum Pak Jabir menyuruh saya ikut, bila saya ingin benar belajar.

6 tahun kemudian saya kembali. Perjalanan cukup panjang, dengan pengalaman yang lumayan. Sertifikat Q-Grader ditangan, dan pandangan optimis akan masa depan kopi negeri ini. Pak Jabir tampak menua, namun senyum dan mata cerianya masih sama. Secangkir kopi disuguhkan, dan rasanya tetap bisa membuat saya terpesona.

Bisa dibilang tanpa pertemuan pertama dengan beliau saya tidak akan ada disini. Untuk itu saya berterima kasih sebesar-besarnya.

Image

6 tahun yang lalu (yg difoto itu pak Yusuf Lotong, bukan pak Jabir 🙂 )

 

 

Image

2011 bersama pak Jabir yg tampak menua

 

Leave a Reply

