segitiga robusta sumatra, gagal merangkum dalam kata (part-3)

Bengkulu

Kenapa Bengkulu? Selain istilah ketupat bengkulu, jujurnya saya tidak tahu fakta menarik soal tempat ini dari sisi kopi robusta (Kalau arabika menarik, karena disebuah ujung sana ada kebun arabika-nya Mangkuraja Coffee Plantation, yang saya kunjungi jg tp entah knp gak banyak motret disitu).

Dari buku Sumatra Tempo Doeloe-nya Anthony Reid, saya belajar bahwa Bengkulu adalah satu-satunya area nusantara yang dikuasai Inggris, dan dari sinilah Inggris membawa hasil alam Indonesia ke negaranya dibawah bendera East India Company. Ada satu titik menarik dalam perjalanan dagang Inggris di Bengkulu ini. Beberapa sumber bercerita soal Thomas Parr, seorang Residen Gubernur Inggris yang dibunuh karena mencoba menerapkan tanam paksa pada tahun 1807, dan salah satu komoditas yang dipaksa ditanam adalah kopi.

Bengkulu yang asli pas kami disanan panas bener pas siang hari, ternyata mengkonsumsi cukup banyak kopi . Seorang penjual kopi disebuah pojok di Pasar Minggu Bengkulu mengaku menjual 400kg kopi bubuk/harinya. Dia bukan satu-satunya penjual kopi di pasar tersebut.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

3 thoughts on “segitiga robusta sumatra, gagal merangkum dalam kata (part-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s